Tips and Tricks : Pekerjaan Rumah Tangga dan Jadwal Mengerjakannya

Mengerjakan pekerjaan rumah tangga tidak lah semudah kelihatannya. Saya sebagai wanita yang bekerja di luar rumah tentu saja mengalami kesulitan dalam mengerjakan banyak pekerjaan rumah tangga. Sebagai pekerja yang memiliki waktu sedikit di rumah, harus benar-benar memiliki strategi dalam mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga, apalagi tanpa Asisten Rumah Tangga (ART). Belum lagi jika Emak Kece sudah memiliki momongan, sepertinya lelah tak berkesudahan ya melihat rumah berantakan.

Nah, berikut saya berikan tips dan trick dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga agar suami senang, anak riang, Ibupun tenang. Hehe.

  1. Memasak

Saya paling menyukai pekerjaan rumah tangga yang satu ini. Bagi saya dengan memasak, saya bisa memberikan perasaan saya seutuhkan terhadap suami saya. Selain saya yang memang suka makan, meningkatkan kekreatifitasan dalam cita rasa masakan menjadi alasan saya untuk sering berkutek di dalam dapur. Tapi balik lagi, problem saya yang tidak lain dan tidak bukan adalah posisi saya saat ini bukan hanya sebagai ibu rumah tangga, melainkan karyawan swasta yang dituntun untuk datang pagi dan pulang sore.

Dengan problem seperti itu, saya tidak bisa menghabiskan banyak waktu di dapur. Ketika hari Sabtu tiba (atau hari libur lainnya), saya biasa mempersiapkan ramuan-ramuan. Misal : Bawang putih sudah saya haluskan (untuk menjadi bumbu halus), ayam, tempe dan tahu sudah saya bacem supaya mudah ketika pagi hari langsung goreng, ikan sudah diberikan bumbu, cabe sudah saya giling dan menjadi sambal, dan terakhir sayuran sudah dirajang dan masuk ke dalam box. 

Begitu pagi hari tiba, saya hanya perlu mencemplungkan semua bahan-bahan. Mudah kan, Emak Kece?
2. Mencuci pakaian

Mencuci pakaian saya jadwalkan tiga hari sekali, alias seminggu dua kali. Begitu juga dengan menyetrikanya. Misal hari ini saya mencuci hari ini, maka malam harinya saya harus menyetrika pakaian-pakaian tersebut, tidak boleh ditunda ya Emak Kece. Karena sesungguhnya menyetrika itu sangat lah melelahkan. Hehe.

3. Bebenah rumah

 Sesungguhnya untuk menyapu lantai perlu setiap hari karena walaupun rumah tertutup rapat, debu itu selalu saja datang entah lewat mana. Suka gemes kalau lantai sering risih ya kan? Jadi usahakan walaupun lagi malas banget, tetap menyapu rumah, paling tidak satu kali dalam sehari.

Untuk pekerjaan yang lainnya, saya kerjakan ketika hari libur tiba. Dari menjemur bantal, karpet, mencuci keset, mencuci bedcover, mencuci sepatu, dan lain-lain yang sifatnya mingguan.

Yap, segitu dulu ya Emak Kece, nanti kita sambung lagi.
#BPN30daychallenge2018
#Bloggerperempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *