Kupas Tuntas “It’s Okay To Not Be Okay”

Pemain :  * Moon Gang Tae -Kim Soo Hyun
* Ko Moon Young – Seo Ye Ji
* Moon Sang Tae – Oh Jung Se
* Nam Ju Ri – Park Kyu Young
* Kepala Perawan – Young Nam Jang

Jumlah Episode : 16 Episode (20 Juni – 09 Agustus 2020)

Network : TvN / Netflix

Sinopsis

Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) adalah seorang perawat di Rumah Sakit Jiwa OK. Bertemu dengan perempuan sukses penulis buku dongeng namun memiliki penyakit Antisocial Personality Disorder (ASPD) yang bernama Ko Moon Young (Seo Ye Ji). 

Notes : Kalau kalian belum nonton, dan ga mau kena spoiler, 
please jangan terusin bacanya. 🙂

Selama suka drama korea, tapi anehnya aku belum pernah nonton dramanya Kim Soo Hyun sama sekali. Ketika lihat ekspresi dia di awal sempat meragukan drakor ini. Belum dapat feel-nya.

Judul awal “Psycho but is Okay”, ekspektasi akan menjadi drakor yang serius penuh adegan pembunuhan karena penyakit psychopat, haha. Tapi setelah nonton episode demi episode ternyata ini drama dengan penyakit psikologi yang berbeda. Trauma dan emosi pada masa kecil membuat batin terguncang. 

Awal dibuka dengan dongeng yang ternyata diadopsi dari kisah nyatanya Ko Moon Yeong. Dongeng  yang bukan menceritakan keindahan tau menariknya masa kecil, namun dongeng yang agak horor. Ko Moon Young memiliki penyakit ASD* Karakternya digambarkan dengan sifat kurang peduli, mudah marah, melakukan hal yang berbahaya, dan sulit menahan diri.

Moon Gang Tae adalah seorang perawat di Rumah Sakit Jiwa OK. Dia mempunyai trauma masa kecil yang membuat dia selalu berusaha menahan diri. Sakit hati yang dipendamnya ternyata membawanya kesakithati yang lebih dalam lagi. Menariknya walaupun sakit dia tetap berusaha baik dan selalu menjaga kakaknya, Moon Sang Tae.

Moon Sang Tae, Kakak Moon Gang Tae (35 tahun, 1984, Shio tikus) memiliki penyakit Autisme. Sulit mendapat pekerjaan karena terkadang panik dan tidak terkontrol. Sang Tae juga tidak bisa membaca ekspresi wajah manusia. Terdapat poster di dinding kamar untuk Sang Tae belajar mengenal ekspresi. Ketika cemas, dia akan menggaruk sela antara jari jempol dan telunjuk. 

My Reaction

Pada episode 1, ketika Ko Moon Young bertemu dengan satu penggemarnya dia membisikkan kalimat “putri kerajaan? Kamu pasti bukan penggemarku. Di bukuku, Penyihir selalu lebih cantik. 

Kau ingin cantik? Bilang sama Ibu-mu “Ma, aku ingin menjadi penyihir yang cantik”

Tidak dipungkiri di kehidupan nyata, penyihir jahat cantik yang lebih terkenal. Haha.

Di episode ini juga, andai saja kita “ngeh” kenapa kepala perawat sibuk sekali maksa buat mengundang Ko Moon Young, akan dijawab di ending episode.

Pertemuan Moon, di RS khusus Anak kecil. Moment ketika Moon Gang Tae (35:56) menangkal tusukan Ko Moon Young itu sedap sekali. Macho. Akhirnya Aku ngerasa bahwa drama ini layak ditonton. 

“Kenangan yang menyakitkan. Kenangan akan penyesalan. Kenangan saat melukai dan dilukai. Kenangan saat dibuang dan kembali. Orang yang bisa tumbuh bersama semua kenangan itu akan menjadi lebih kuat, bersemangat dan mudah menyesuaikan diri. Orang seperti itu yang bisa mendapatkan kebahagiaan.”

Di episode ke-2, dikenalkan sama metode Butterfly hug itu sungguh ilmu psikologi yang aku ga tau. “jika kau tidak dapat menahan diri, silahkan kau menyilangkan tangan di pundakmu dan tepuk-tepuk, ini akan membantumu lebih tenang”

Jujur, pas nonton selalu malam, kalau di Netflix jam 9 atau jam 10 Sudah tayang, tapi aku biasanya nonton jam 11 malam. Dan di episode 3 ini ada scene yang horor. Dan aku sampai kebawa mimpi. duh..?! Castle yang berada du tengah hutan, perjalanan ke sana aja sudah seram. Nah adegan seramnya pas Ko Moon Young tidur (25:00). Silahkan ditonton jika penasaran. Hehe..

Drakor ini tidak hanya menampilkan keromantisan dari Ko Moon Young dan Moon Gang Tae. Tapi juga ada makna dalam tentang pesaudaraan. Adegan yang ga lupa diingatanku, ketika Moon Sang Tae berteriak bahwa Moon Gang Tae akan membunuhnya. Moon Gang Tae nangis terisak-isak, terasa sekali sakitnya, antara sayang tapi juga berat untuk melindungi. Kedua anak itu, dua bersaudara yang saling sayang tapi ternyata sakit hati. Moon Gang Tae merasa tidak pernah disayang Ibunya, karena Ibu selalu perhatian kepada Sang Tae. 

Fashion Ko Moon Young

Kalau bicara fashion Ko Moon Young, bajunya bagus-bagus. Episode 1 sampai episode 2 dia pakai gaun hitam, purple pink flower motif. Semua dengan kehebohan yang cocok di dia. Sampai pas di Seongjin, barulah sedikit-sedikit bajunya kalem hangat, tapi kesan judesnya tetap dapat. 

Baju yang Aku paling berkesan adalah baju yang dipakai di RS Jiwa OK, Pink dengan pinggang super kecil. Ya ampun iri banget lihat perutnya.

Untuk baju tidurnya juga bagus-bagus banget. Ya ampun emang beda deh sama Rajel. Haha..

Soundtrack (OST) It’s Okay To Not Be Okay

Elaine – Wake Up
Lee Suhyun – In Your Time 
Janett Suhh – In Silence
Heize – You’re Cold
Janett Suhh – Lighting Up Your World
Janett Suhh – I’m Your Psycho

Istilah-istilah Psikologi

Antisocial Personality Disorder (ASPD) yaitu orang yang kesulitan merasakan empati sehingga justru terkesan karismatik untuk memanfaatkan orang lain.
Autisme Spectrum Disorder (ASD) adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan berinteraksi dengan orang lain sehingga seringkali terkesan menarik diri dari situasi sosial dan membuatnya seolah-olah berada di dunianya sendiri.
Savant Syndrome merupakan kondisi langka pada seseorang dengan disabilitas otak atau mental yang menunjukkan sifat jenius atau kemampuan super.
Butterfly hug adalah metode untuk membantu menenangkan.

butterfly huf oleh Moon Gang Tae

Akhir Kata

Suka banget sama trio ini, mereka bisa menyembuhkan satu sama lain. Saling menguatkan bukan menjatuhkan ketika tahu kelemahan. 

Ko Moon Young dengan kebrutalannya, ga mau tahu dan ga dengerin omongan orang, tingkat pedenya tinggi banget, tapi bisa memberi ilmu kepada Moon Gang Tae untuk bebas dan melangkah dengan baik. Ko Moon Young juga bisa mengeluarkan bakat terpendamnya Moon Sang Tae.
Moon Gang Tae Dengan ilmu psikologinya dan ketenangannya walaupun memiliki jiwa yang retak, dia juga bisa menyembuhkan trauma-trauma Ko Moon Young.
Moon Sang Tae akhirnya bisa juga bahagia, tahu apa yang harus dikerjakan, dijadikan prioritas, dan tidak tergantung kepada adiknya. 

Semuanya apik sekali. Dari aktris, aktor, dan lagu-lagunya top banget.

Pesan yang disampaikan juga menyerap ke penonton. It’s OK to not be Okay. Ga papa ko kalau kita tu lagi ga oke, lagi ga bagus, lagi ga pengen melakukan apapun. 

“Jangan bertengkar, lebih baik berciuman” Moon Sang Tae, 2020.

17 Replies to “Kupas Tuntas “It’s Okay To Not Be Okay”

  1. Salam kenal dari kembarannya Kim Soo Hyun
    Film ini deep dari segi karakter dan kekuatan aktingnya

    Namun, secara plot, dia ga cukup baik untuk 16 episode. Kalau 12 episode, bisa lebih rapat.

  2. Drama yang kompleks banget, psikologi, percintaan, misteri pembunuhan yang lalu akhirnya terkuat. Fashion Ko Moon young juga memanjakan mata, kesan modern mandiri, high class cakep banget pengin beli tapi apa daya body semlohai :))

  3. Sebenarnya aku belum nonton drama ini. Tapi udah sering liat cut scene dan spoilernya di twitter ataupun instagram. Sudah tertarik mau menonton, apalagi ada Kim Soo Hyun yang dramanya memang selalu hits dan dapat rating bagus. Tapi kayaknya nunggu ada waktu luang dulu buat memulai nontonnya hehe.

  4. Nah bagian iri sama perutnya ini nih yang perlu digaris bawahi. Kayak gak percaya dia punya pinggang se kecil itu hahaha.. suka sama Hyung sih, pinter banget dia action.. Hyung Sang Tae.. aktingnya paling saya sukai.

  5. Trauma masa kecil memang sangat sulit untuk dilepaskan, Mbak. Tapi selalu ada cara intuk mengatasi. Dan inilah yang jadi bagian menarik dari Drakor ini ya. jadi nanti ada pelajaran yang biisa diambil.
    Saya juga sesekali nonton drakor, untuk sekalian dipelajari saat saya menulis cerita. Drakor yang tidak panjang, jadi ceritanya tidak bertele-tele.

  6. Banyak yang membahas drakor Its Okay to Not Be Okay di mana-mana. Banyak yang merekomendasikan drama ini, katanya ceritanya bagus dan menarik. Sempat penasaran ingin nonton juga, tapi belum sempat aja. 🙁

  7. Karena sudah ada disclaimer, kalau belum nonton jangan lanjutin baca, tadinya aku mau berhenti, karena drakor ini masih mengendap di list tontonan.

    Eh tapi penasaran dong. Jadilah haca sampai habis.

    Tapi … aku tetap tergoda untuk nonton drakornya. Makin penasaran malahan.

  8. One of the best drama Korea. Samaaa aku juga baru ini nonton dramanya Kim So Hyun. Ternyata memang bagus ya aktingnya. Pantesan jadi aktor paling mahal. Banyak banget insight yang kudapat dari drama ini.

  9. Aku udah pernah nonton actingnya Kim Soo Hyun di drama Dream High. Emang udah tersepona dari dulu sih, ya actingnya, ya tampangnya juga hehe. Aku baru nonton sampe episode 4. Karena dulu aku sekolah di sekolah inklusi yang nyatu sama anak2 ABK, dan bapak juga guru di SLB, jadi latar ceritanya itu kayak related banget sama kehidupan yang pernah aku lihat dan alami. Jadi makin penasaran buat nuntasin sampai akhir.

  10. Series ini sambutannya sangat positif dan saya juga suka karena membahas kesehatan mental, trauma, dan luka masa kecil. Selain itu pengembangan karakternya juga bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *