DIENG Travel Diary : Itinerary 3 Days 2 Night

Hai guys. Januari, lagi musim hujan. Tapi gimana dong, karyawan butuh piknik. Akhirnya perjalanan pertama di tahun 2019, kami putuskan di tanggal 25-27 Januari. Dengan deg-degan dan berdoa semoga ga hujan lebat dan bisa menikmati indahnya DIENG, Wonosobo.

Ini murni pengalaman aku dan teman-teman kantor.

PENGINAPAN

Homestay Puspa Indah berada di Jalan Raya Dieng, jadi gampang banget buat wara-wiri keluar rumah. Untuk sekelas homestay, lumayan recommended. Aku ga bilang homestay ini yang terbaik, ada beberapa homestay yang aku lihat dari luar sepertinya lebih rapi. Tapi kalau memiliki budget sedikit dan memang mau explore banget Dieng-nya, homestay ini cukup baik. Kalau untuk harga, aku ga tau pastinya berapa, karena perjalanan kali ini aku pakai jasa tour travel jadi semua sudah all in.

KULINER

Di Dieng yang paling terkenalnya yaitu Mie Ongklok. Mie kuning dengan balutan kuah yang kental (kemungkinan menggunakan sedikit tepung meizena) dan yang ga kalah pentingnya SATE SAPI yang turut dihidangkan dalam sebuah mangkok mie ongklok. Harga mie ongklok juga termasuk murah meriah sekitar 15.000 – 20.000 rupiah. Ada di sekitaran homestay sepanjang jalan raya Dieng.

BELANJA

Kita ga terlalu mementingkan belanja ketika perjalanan ke Dieng, dan memang pas banget homestay dimana teman aku menginap, tuan rumahnya juga memiliki usaha rumahan buah carica dan keripik kentang. Jadilah untuk oleh-oleh kami tinggal pesan ke rumah homestay tersebut (posisi rumahnya di jl. Pandawa). Untuk Manisan Carica harga perkarton (isi 6 buah) Rp. 15.000 dan harga Kripik Kentang Rp. 13.000.

TRAVEL AGENT

Kami percayakan trip kami dengan Funtrips. Secara official, funtrip berada di Bekasi, tapi jika kalian menggunakan private trip seperti saya, pilihan tempat penjemputan bisa di kantor (Cikarang). Untuk trip kali ini mengeluarkan biaya Rp. 540.000.

***

DAY 1

Hari pertama merupakan perjalanan dari Cikarang ke Dieng. Kami berangkat pukul 09:00 melalui Tol Cibatu, Lippo Cikarang. Perjalanan menggunakan ELF 19 seat. Kami berhenti dua kali di Rest Area 102 dan Masjid Paninggatan, Batang untuk sholat subuh. Sekitar pukul 06:30 Kami sudah tiba di Dieng.

DAY 2

Wah, pemandangannya seru banget, belum sampe tujuan tapi sudah dihadapkan dengan berbagai perkebunan sayuran. Seger banget. Masya Allah.

Jam 06:30 WIB tiba di Kawah Sikidang.

Di sini perlu masker ya, karena bau belerangnya cukup kencang. Serunya datang pagi-pagi karena belum banyak pengunjung, jadi cukup ekslusif hanya beberapa pengunjung, dan bebas berfoto segala macem gaya. Haha.

Kawah Sikidang

Jam 07:30 Menuju tempat makan mie ongklok.

Jam 09:00 Tiba di homestay.

Bersih-bersih dan siap-siap ke lokasi selanjutnya.

Jam 12:00 Makan siang

Di homestay disediakan tuan rumah. Untuk makanan, saya kurang cocok, karena rasanya yang manis-manis.

Jam 13:30 Menuju Batu Ratapan, Dieng teather .

Di sini kami melakukan sesi foto dengan background Telaga Warna.

Batu Ratapan Dieng

Jam 15:00 Kami menuju Museum Kaliasa.

Di sini dijelaskan asal muasal Dieng.

Museum Kailasa Dieng

Jam 16:30 Candi Arjuna

Karena habis hujan, pemandangannya jadi baguuus banget. Rumput dan Bunga bermekaran.

Candi Arjuna Dieng

Jam 18:00 Acara Bebas

Ketika acara bebas ini, kamu bisa juga melakukan jalan-jalan di sekitaran homestay. Di jl. Raya Dieng ada spot foto dengan latar belakang tulisan DIENG. Wajib foto di sini.

DAY 3

Jam 03:00 menuju Bukit Sikunir

Kalau tidak hujan, kamu bisa melihat indahnya matahari terbit. Tapi karena semalam hujan, jadilah kami hanya melihat matahari yang diselimuti kabut. Sebelum naik ke Sikunir, harus memiliki fisik yang prima, karena lumayan juga mendaki bukit ini. Happy banget deh kalau sudah sampai di atas dan melihat pemandangan yang Masya Allah indahnya.

Bukit Sikunir

Jam 07:00 Sarapan dan bersih-bersih siap pulang menuju Cikarang.

Siip, segitu dulu teman-teman. Semoga bermanfaat.

10 Replies to “DIENG Travel Diary : Itinerary 3 Days 2 Night

    1. Pake jastrip 540.000 kakak. Kalau kata aku sih murah bgd. Dr transport sudah dijemput di kantor, makan dpt 3 kali, homestay lumayan, dpt 4 destinasi, dpt dokumentasi yang bagus2, semua difotoin sama guide nya.

  1. memang cantik ya, Dieng ini.
    sayangnya saya belum pernah kesana šŸ™
    insyaAllah semoga segera diberi kesempatan liburan ke Dieng. aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *